Speech Production : Error Analysis
Ali Al-Halawani
Abstrak
Analisis kesalahan adalah bidang linguistik terapan yang sangat signifikan serta pembelajaran bahasa asing. Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, menggambarkan dan menjelaskan kesalahan yang dilakukan oleh pelajar tingkat tersier EFL dalam menangani tugas terjemahan dari Bahasa Melayu ke Bahasa Inggris. Sejumlah 38 kelas mahasiswa sarjana tingkat 3 dan 4 merupakan subyek penelitian. Jangka waktu satu minggu diberikan untuk menyelesaikan tugas terjemahan. Jawabannya diperiksa dan dianalisis secara menyeluruh. Berdasarkan bacaan pertama dari jawaban, jelas bahwa hampir semua jenis kesalahan dibuat. Studi ini lebih berfokus pada kesalahan dalam bahasa Inggris tertulis, baik itu gramatikal atau kolokasional, daripada yang berbasis translasi atau kesetaraan. Diharapkan bahwa ketika guru EFL memahami berbagai jenis kesalahan yang dibuat oleh peserta didik, mereka akan lebih mampu membantu peserta didik meningkatkan keterampilan menulis mereka dan memperoleh akurasi tata bahasa. Hasil dan implikasi dari temuan tersebut akan dibahas lebih lanjut.
Pendahuluan
Menulis bukanlah tugas
yang mudah, baik dalam bahasa ibu maupun dalam bahasa asing. Banyak kesalahan
dan kesalahan yang dibuat ketika pelajar menulis atau menerjemahkan ke dalam
bahasa asing. Kesalahan ini melanggar aturan tata bahasa yang telah ditetapkan
dan karenanya dianggap salah. Mereka dianggap sebagai bentuk ucapan yang cacat
dan muncul secara teratur dalam kinerja peserta didik, baik itu secara tertulis
maupun pidato.
Bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa kedua di
Malaysia. Itu diajarkan baik di sekolah dasar dan menengah. Hal ini harus
tercermin kemahiran mahasiswa sarjana apalagi dengan siswa dari tingkat 3 dan
4. Kesalahan yang mereka buat baik dalam tugas penulisan maupun terjemahan
mencerminkan kemahiran yang relatif buruk, terutama ketika harus memilih
istilah atau ungkapan yang tepat untuk digunakan. Akibatnya, peluang kerja
siswa dapat dipengaruhi secara negatif oleh ini.
Oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk membantu
peneliti mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menjelaskan kesalahan yang
dilakukan oleh pelajar tingkat tersier EFL pada saat menangani terjemahan dan /
atau tugas menulis. Studi ini meneliti jawaban dari tugas terjemahan dari
Bahasa Melayu ke Bahasa Inggris yang telah diberikan kepada mahasiswa sarjana
Melayu. Fokus utama dari penelitian ini adalah kesalahan dalam bahasa Inggris
tertulis, baik itu gramatikal atau kolokasional, daripada yang berbasis
translasi atau kesetaraan. Klasifikasi kesalahan yang diadaptasi didasarkan
pada penjelasan Dagneaux et al. (1996) tentang berbagai kode yang digunakan
dalam anotasi corpus. Demikian pula, penelitian ini mengadopsi prosedur Allen
dan Corder (1974) untuk menganalisis data yang dikumpulkan untuk penelitian
ini, yang terdiri dari: sampel kumpulan bahasa peserta didik, identifikasi
kesalahan, deskripsi kesalahan, penjelasan kesalahan, dan evaluasi kesalahan.
Ketika berbagai jenis kesalahan yang dibuat peserta didik dipahami, Guru EFL
akan lebih mampu membantu peserta didik meningkatkan keterampilan menulis
mereka dan mendapatkan akurasi tata bahasa.
Metode dan bahan
Kelas yang terdiri dari 38 mahasiswa sarjana dari
level 3 dan 4 yang mengambil Kursus Studi penerjemahan dalam bahasa Inggris
untuk program Komunikasi Internasional, Kuliah Bahasa dan Manajemen IIUM,
dipilih untuk menjadi subjek penelitian ini. Mereka diberi tugas terjemahan
dari Bahasa Melayu ke Bahasa Inggris dan jawaban mereka dimaksudkan untuk
membantu peneliti mengidentifikasi, menggambarkan dan menjelaskan kesalahan
yang dilakukan oleh pelajar tingkat tersier EFL pada saat menangani tugas
terjemahan dan / atau penulisan. Fokus utama dari penelitian ini berkaitan
dengan kesalahan dalam bahasa Inggris tertulis, baik gramatikal atau
kolokasional, daripada yang berbasis translasi atau kesetaraan. Ke 38 siswa
diberikan tugas serentak yang harus dikerjakan tepat waktu dalam waktu satu
minggu. Instrument penelitian yang digunakan dalam menganalisis data yang
dikumpulkan untuk ujian, yang terdiri dari: sampel bahasa peserta didik,
identifikasi kesalahan, deskripsi kesalahan, penjelasan kesalahan, dan evaluasi
kesalahan. Tes validitas yang digunakan dimana para siswa diminta untuk
menerjemahkan bagian dari Bahasa Melayu ke Bahasa Inggris. Masing-masing dari
38 jawaban yang diberi tanda 20 kesalahan yang disorot. Setiap jenis kesalahan
diberi nomor tertentu. Pemeriksaan ulang semua kesalahan dilakukan untuk
mengukur, menggambarkan, dan mengklasifikasikannya dalam unit dan kategori tata
bahasa yang sesuai. Adaptasi dari Dagneaux et al. (1996) klasifikasi diadopsi
seperti yang disebutkan sebelumnya.
Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki berbagai
kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik EFL saat menangani tugas terjemahan
dari Bahasa Melayu ke Bahasa Inggris; hanya kesalahan tata bahasa dan
kolokasional yang dicatat. Empat pertanyaan merupakan tujuan dari penelitian
ini. Berdasarkan diskusi dan temuan penelitian, orang dapat menyimpulkan bahwa
siswa tingkat tersier EFL di Malaysia membuat kesalahan tata bahasa dan
kolokasi. Kesalahan yang ditemukan dalam penelitian ini berada di bawah 17
jenis atau kategori. Kesalahan ini disebabkan oleh gangguan bahasa ibu,
kurangnya pengetahuan sintaksis, atau perbedaan antara kompetensi dan kinerja
bahasa. Guru, perancang silabus, dan lembaga pendidikan disarankan untuk
mengadopsi teknik pengajaran yang diusulkan dan direkomendasikan oleh berbagai
penelitian tentang Analisis Kesalahan dalam praktik mereka untuk membantu
peserta didik EFL meningkatkan kompetensi dan kinerja mereka. Oleh karena itu,
program perbaikan harus dirancang oleh otoritas terkait untuk menghindari
kesenjangan yang semakin luas. Akhirnya, para siswa harus diajari cara menulis
dengan benar dan harus diberi kesempatan untuk berlatih menulis dalam bahasa
ibu dan bahasa kedua mereka.
Komentar
Posting Komentar